Berbagi Kasih Di Pulau Seram_Bumi Saka Messe Nusa #2

_abs5290Malam sebelum kami berangkat ke Tehoru, kami sempat gelisah mengingat perjalanan harus melintasi sungai. Hal ini bukan tanpa sebab, akan tetapi karena tidak sedikit mobil yang terbawa arus sungai jika terjadi hujan. Dengan terus mencari informasi, akhirnya beliau mendapat kabar bahwa sungai aman untuk dilewati. Matahari pagi itu tanggal 11 Oktober memancarkan sinarnya menandakan bahwa hari itu cerah dan puji memang kasih dan berkat Tuhan terus menyertai perjalanan kami. Tepat pada pukul 07.00 WIT kami pun bergegas berangkat menuju Tehoru dimana lokasi penyerahan Alkitab untuk klasis Telutih akan berlangsung. Tak terasa hampir 3 jam kami melakukan perjalanan dan sampailah kami di sungai Wai Kawanua. Akhirnya kami sampai di GPM Jemaat Hatu. Rupanya kedatangan kami sudah ditunggu sejak pagi hari oleh para warga jemaat dan para hamba Tuhan dari masing-masing jemaat. Lokasi penyerahan di GPM Jemaat Hatu merupan bangunan yang hanya berdindingkan papan dan sangat sederhana sekali.

Acara penyerahan Alkitab diawali dengan ibadah singkat dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua Klasis Telutih Pdt. Jos. Dalam sambutannya beliau sangat bersyukur karena tim Satu Dalam Kasih LAI dapat tiba dengan penuh selamat di klasis Telutih dengan penuh perjuangan mengingat akses jalan yang sulit. Beliau juga berterima kasih atas adanya program Satu Dalam Kaish ini, jemaat kalsis Telutih dapat memiliki Alkitab. Dilokasi ini, total Alkitab yang dibagikan untuk klasis Telutih yakni 1.270 Alkitab Anak, 2.065 Alkitab Dewasa, 20 Alkitab Edisi Studi, 760 Komik Alkitab, 20 Paket Sekolah Minggu. Proses pembagian klasis ini berubah menjadi satu titik saja dikarenakan akses jalan yang sulit dan memakan waktu yang lama. Selanjutnya kami menuju Masohi untuk pendistribusian Alkitab selanjutnya di klasis Seram Utara.

Suara ayam berkokok membangunkan tidur kami dipagi hari di kota Masohi. Kami segera bersiap-siap untuk menuju klasis Seram Utara. Perjalanan kami menuju ke lokasi ini cukup menegangkan karena harus melewati jalan yang terjal dan berkelok-kelok serta penurunan yang curam sehingga terkadang bau kanvas rem terasa begitu pekat di hidung kami. Puji Tuhan kami dapat tiba dilokasi tepat waktu dan tidak terlepas dengan sambutan yang sangat luar biasa bersahaja dari GPM Jemaat Masihulan. Diawali doa oleh pdt yang melayani di GPM Jemaat Masihulan dan dilanjutkan sambutan dari ketua klasis Seram Utara. Dilokasi ini ada 2 perwakilan gereja yang hadir. Sebanyak 95 Alkitab Anak, 220 Alkitab Dewasa, 2 Alkitab Edisi Studi dan 1 Paket Sekolah Minggu.

Perjalanan kami berlanjut menuju GPM Melinani dimana banyak dijumpai patahan-patahan jalan dan beberapa bahu jalan yang mengalami longsor. Hujan yang sangat deras menemani sepanjang perjalanan kami. Dalam perjalanan kami mendapat kendala akibat ada pohon yang besar tumbang sehingga kendaraan tidak dapat melintasi jalan tersebut. Berkat bantuan dari masyarakat sekitar akhirnya pohon tersebut dapat dipindah dari tengah-tengah jalan dan kami dapat melewati jalan tersebut bersama para pengguna jalan lainnya. Kami pun akhirnya dapat tiba di gedung Gereja GPM Jemaat Melinani. Dilokasi tidak dijadwalkan menjadi lokasi penyerahan. Namun karena ada Pembinaan Pengasuh Sekolah Minggu dan cukup banyak perwakilan gereja yang hadir, pimpinan ketua klasis Seram Utara menyarankan agar ada penyerahan disana. Setelah semua persiapan selesai, kami pun memulai proses penyerahan yang diawali dengan ucapan selamat datang dan terima kasih dari ketua klasis. Selanjutnya dilanjutkan oleh Pdt. Telly yang sekaligus memperkenalkan tim Satu Dalam Kasih LAI serta khotbah singkat dari Pdt. Santoni. Dilokasi ini pembagian Alkitab hanya bersifat simbolis. Alkitab mereka ambil masing-masing dikantor klasis dengan total penyerahan di GPM Jemaat melinani adalah 2.325 Alkitab Anak, 4.834 Alkitab Dewasa, 35 Alkitab Edisi Studi termasuk untuk para Pendeta dikantor klasis, 4 Paket Sekolah Minggu dan 1.354 Komik Alkitab. Para Pengasuh Sekolah Minggu merasa sangat senang dan berbahagia atas pembagian Alkitab ini, khususnya Alkitab Edisi Studi yang diberikan kepada para Pendeta. Keceriaan ini pun kami abadikan dalam sebuah photo bersama. Setelah selesai, kami pun melanjutkan menuju kantor klasis untuk mengambil barang yang akan dibawa ke titik penyerahan Alkitab berikutnya._abs5918

Waktu sudah cukup larut namun kami masih melanjutkan perjalanan ke GPM jemaat Setibakti. Sepanjang perjalanan ke titik ini kami menyusuri hutan Taman Lindung yang sangat luas. Dilokasi ini diserahkan sebanyak 103 Alkitab Anak, 69 Alkitab Dewasa, 66 Alkitab Dewasa dengan KJ, 2 Alkitab Edisi Studi, 1 Paket Sekolah Minggu dan 60 Komik Alkitab. Meskipun suasana sudah larut malam namun karena para jemaat sangat merindukan kehadiran Alkitab maka mereka tetap setia menanti kedatangan tim Satu Dalam Kasih LAI hingga acara selesai.

Pagi yang cerah dan sejuk menyambut kami. Kini tim Satu Dalam Kasih LAI telah siap untuk memulai perjalan menuju GPM Jemaat Aketternate klasis Seram Utara. Setelah semua persiapan selesai kami pun mulai acara dengan doa singkat yang dipimpin oleh Pendeta dari GPM Jemaat Aketternate dan sambutan dari Pdt.Telly sekaligus memperkenalkan tim Satu Dalam Kasih LAI. Kotbah singkat dari Pdt. Santoni, lalu dilanjutkan sepatah kata dari Agus Massalo dan dilanjutkan oleh ibu Erna untuk penyerahan Alkitab. Total Alkitab yang diserahkan adalah 75 Alkitab Anak, 250 Alkitab Dewasa, 1 Alkitab Edisi Studi, 1 Paket Sekolah Minggu dan 50 Komik Alkitab. Keceriaan dan kegembiraan warga jemaat GMP Aketternate terliat dari wajah mereka ketika mendapatkan Alkitab. Stelah selasai penyerahan di lokasi ini kami bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Klasis Bula kabupaten Seram bagian Timur. Diklasis ini ada dua lokasi penyerahan yakni GPM Jem Banggoi, Jakarta Baru dan GPM Jemaat Bula. Adapun penyerahan Alkitab di GPM Jemaat Banggoi adalah 15 Alkitab Anak, 80 Alkitab Dewasa dengan KJ, 1 Alkitab Edisi Studi dan 15 Komik Alkitab. Di GPM Jemaat Bula penyerahan Alkitab sebanyak 152 Alkitab Anak, 372 Alkitab Dewasa dengan KJ, 4 Alkitab Edisi Studi dan 96 Komik Alkitab. Keseluruhan penerima Alkitab di lokasi ini adalah 4 gereja.

Perjalanan tim Satu Dalam Kasih LAI beserta KKPD Mitra Ambon di pulau Seram akhirnya mencapai puncaknya. Kini firman Tuhan telah sampai di setiap pintu umat Nasrani berkat tangan-tangan kasih para donator dan Mitra setia Lembaga Alkitab Indonesia. Kiranya Berkat Tuhan terus mengalir bagi setiap umat yang mau menjadi berkat untuk orang lain secara khusus Program Satu Dalam Kasih Lembaga Alkitab Indonesia.[am]