Home | Program | Publikasi | Tulisan | Galeri | About Us

Forum Biblika

Selama satu dasawarsa terakhir terasa bahwa telah terjadi semacam kebangkitan rasa keber”agama”an di Indonesia, secara khusus tampak melalui kedekatan pada Kitab Suci. Kedekatan tersebut tergambar a.l. dari pertanyaan dan pernyataan kritis seputar Alkitab yang disampaikan dalam berbagai kesempatan dan media kepada Lembaga Alkitab Indonesia (LAI). Spektrum pertanyaan dan pernyataan yang disampaikan melebar mulai dari sekadar salah cetak, keliru terjemahan, sampai kepada masalah substansial penerjemahan itu sendiri, misalnya makna sebenarnya suatu kata dalam bahasa sumber maupun bahasa sasaran, perbedaan terjemahan dalam berbagai versi Alkitab yang terjadi karena perbedaan tafsiran bahka ideologi, dll. Secara positif paling tidak dapat disimpulkan bahwa Alkitab telah semakin dibaca dan dengan cara yang kritis pula. Sambil menanggapi pertanyaan dan pernyataan di atas, boleh dikatakan bahwa secara internal berkembang wacana tentang paradigma baru bagi pelayanan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), dari lembaga yang menerjemahkan, menerbitkan, dan mendistribusikan Alkitab, menuju kepada fungsi-fungsi tambahan sebagai lembaga yang melaksanakan tugas pencerahan atas terjemahan Alkitab dan Biblika. Wacana tersebut di atas lalu bermuara pada pendirian Pusat Pengkajian Biblika (PPB) pada 1 September 2003. Pengurus Yayasan LAI melihat pendirian PPB sebagai wujud komitmen LAI dalam membantu dan memperlengkapi Gereja dan umat Kristiani dari berbagai denominasi dalam tidak saja memiliki Alkitab tetapi juga memahami apa yang tertulis di dalamnya.

List Forum Biblika

Forum Biblika (FB) adalah jurnal ilmiah populer yang diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) sebagai medium tukar pikiran, informasi, dan riset ilmiah yang bersifat oikumenis antara para pakar dan pemerhati masalah-masalah biblika di Indonesia.

Sebagai suatu kumpulan tulisan ilmiah, jurnal FB mengulas berbagai tema atau suatu tema tertentu secara khusus dan mendalam. FB terbit dua kali setahun, yaitu edisi tematis (Februari) dan aneka tema (September).

FB 19 (Februari 2006) bertema Perumpamaan Tuhan Yesus, sementara FB 20 berisi aneka tema dan khusus edisi ini terdapat 2 tulisan yang membahas Injil Yudas dan 1 tulisan berkisar pada Da Vinci Code & Maria Magdalena.

 

 

About Us | Site Map | Privacy Policy | Contact Us | ©2006 Lembaga Alkitab Indonesia