Dimanakah Sebenarnya Segala Keputusan Terletak ? Pada Tuhan.

  • 54
    Shares

title

Manusia mempunyai banyak rencana, tetapi hanya keputusan TUHAN yang terlaksana (Ams. 19:21, BIMK)

Baik Laban, Betuel, Ribka, Ibunya, dan hamba Abraham itu, tahu bahwa apa yang terjadi ini berasal dari TUHAN, karena itu mereka mengikuti apa yang sepenuhnya menjadi keputusan TUHAN. Namun pada ayat 55-58 seperti terjadi tarik-menarik keputusan, mungkin karena perasaan sayang dan tidak ingin cepat-cepat berpisah dengan Ribka, maka Laban dan Ibunya meminta waktu seminggu atau sepuluh hari untuk dapat menikmati kebersamaan dengan Ribka. Sementara hamba Abraham ingin cepat menyelesaikan tugasnya dan pulang dengan membawa hasil yang diharapkan oleh Abraham. Diakhir, Ribka tampil dengan sebuah keputusan untuk mengikuti hamba Abraham pulang ke Kanaan saat itu juga.

Sahabat Alkitab, dalam pembacaan nas kita melihat bagaimana peran Allah yang begitu besar di dalam semuanya. Mulai dari menuntun hamba itu dalam perjalanan ke Haran, mempertemukannya dengan Ribka di dekat sebuah sumur, menjawab doanya seketika itu juga, dan membuatnya berhasil meyakinkan Laban, Betuel, Istri Betuel, dan Ribka untuk membawa Ribka dan menjadikannya istri Ishak. Keyakinan hamba Abraham bahwa TUHANlah yang membuat perjalanannya berhasil (56) menjadi jawaban mengapa Ribka setuju untuk segera pulang bersamanya, yaitu bahwa TUHAN yang mengatur dan memutuskan semuanya itu. Jika Ia sudah berkehandak maka tidak ada yang dapat menggagalkan-Nya. Jika Tuhan sudah membuka pintu, maka tidak ada yang dapat menutupnya (Why. 3:8). Jika semua terjadi karena keputusan Tuhan maka tidak ada yang kebetulan di dunia ini, dan tidak ada rancangan kecelakaan dari-Nya.

Selamat Pagi. Jika segala yang terjadi adalah kehendak dan keputusan Tuhan, maka bagian kita adalah belajar untuk menerimanya dengan kerendahan hati dan syukur.

Salam Alkitab Untuk Semua