//
NewsDonationShopAbout Our SocietyContact UsLink
Main Menu
Home
Biblika
Library
Email Today
News
FAQs
Shop
Alkitab Web
Guest book
Shop
Bible Testament Bible Portion
Free Download
Live Support
LAI Info

Product Info

Product Info






Lost Password?
No account yet? Register
Hit Counter

Who's Online
We have 56 guests online
Polling
Seberapa sering anda membaca Alkitab?
 
Berapa lama waktu yang anda perlukan setiap kali membaca Alkitab
 

Random Bible Verse
Peluncuran Sura Madatu Print E-mail
Monday, 11 January 2010
toraja-01.jpgWalaupun Alkitab dalam bahasa Toraja pernah terbit untuk pertama kali pada tahun 1960, tetapi proses penerjemahannya sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun sebelumnya. Mengingat masa itu situasi dan kondisi sarat dengan keterbatasan, sehingga proses penerjamahannya bisa berlangsung lama. Namun, semangat dan tekad untuk menghadirkan teks kitab suci dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh penutur bahasa Toraja tak terhalang oleh situasi yang serba sulit. Untuk itu atas pertolongan dan kemurahan-Nya yang telah menggerakkan Lembaga Alkitab Belanda dan utusan Injil, Van der Veen, serta sejumlah tokoh daerah (antara lain: Lodang Pakan, Calvijn D. Rampo, E. Sulle, dan J. Tammu). Mereka sangat ‘berjasa’ dalam membuat Alkitab bahasa Toraja tersedia sekarang ini. Alkitab Toraja ini sesungguhnya terbitsecara bertahap. Pada 1951, yang diterbitkan pertama kalinya adalah Perjanjian Baru. Lalu kitab-kitab Perjanjian Lama satu demi satu mulai diterjemahkan, dan akhirnya pada tahun 1960, Alkitab bahasa Toraja yang lengkap diterbitkan.

toraja-02.jpgHamba-hamba Tuhan yang namanya disebutkan di atas bekerja sekitar 50-80 tahun silam. Ini rentangan waktu yang lumayan panjang untuk penerbitan sebuah bahasa. Maka, bila penutur bahasa Toraja sekarang ini merasa ada yang perlu dikoreksi dalam aspek bahasanya, ini adalah suatu hal yang wajar. Terima kasih secara khusus kepada Pdt. M. Yasi Dera, S.Th (Alm.), Pdt. Masak K. Abang, M.Th, Pdt. M. Samperetti, M.Th., Pdt. M. S. Rantetana, S.Th, dan Pdt. I. Yohanes Panggalo, D.Th atas kontribusi mereka dalam membuat revisi terhadap teks Alkitab bahasa Toraja yang ada. Hasil kerja mereka ini diserahkan kepada Lembaga Alkitab Indonesia beberapa waktu lalu yang kemudian mengakomodasinya dalam edisi ‘Sura Madatu’ dengan mencetaknya kembali. Dalam kerja sama dengan paguyuban lembaga-lembaga Alkitab sedunia, LAI mendapat dukungan dana untuk menerbitkan Alkitab Toraja (Sura Madatu). Alkitab tersebut dicetak sebanyak 10.000 eks, tentunya jumlah tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan jemaat Gereja Toraja yang begitu besar. Diharapkan dalam waktu dekat akan segera dicetak ulang.
Pada tanggal 1 Desember 2009 di Tana Toraja dan 13 Desember 2009 di Gereja Toraja jemaat Kota di Jakarta telah dilakukan penyerahan secara simbolis Sura Madatu dari Badan Pengurus Lembaga Alkitab Indonesia kepada Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja. [lai]

 

 
< Prev   Next >
© 2007 Lembaga Alkitab Indonesia 2007