//
NewsDonationShopAbout Our SocietyContact UsLink
Main Menu
Home
Biblika
Library
Email Today
News
FAQs
Shop
Alkitab Web
Guest book
Shop
Bible Testament Bible Portion
Live Support
LAI Info

Product Info

Product Info






Lost Password?
No account yet? Register
Proyek Penerbitan KBB Banggai Print E-mail
Thursday, 04 February 2010
Kabar Baik Bergambar Bahasa Banggai

banggai-1.jpgBanggai adalah wilayah Indonesia di propinsi Sulawesi Tengah. Saat ini wilayah tersebut telah menjadi dua kabupaten dengan nama: kabupaten Banggai (berada di daratan pulau Sulawesi) dan kabupaten Banggai Kepulauan (disingkat: BANGKEP). Dari namanya jelaslah wilayah ini merupakan wilayah kepulauan.  Sama seperti wilayah-wilayah lainnya di Indonesia, masyarakat Banggai pada umumnya hidup sebagai petani dan nelayan.  

Sehari-hari masyarakat Banggai bertutur dalam bahasa Banggai. Karena itu, bahasa ini merupakan bahasa yang hidup dan dipergunakan secara aktif dalam komunikasi antara  semua generasi . Secara keseluruhan, jumlah penutur bahasa Banggai sekitar 275.000 jiwa.  Sekitar 40% adalah pengguna Alkitab, yang sebagian besar merupakan anggota Gereja Protestan Indonesia Banggai Kepulauan (GPIBK) bagi mereka yang berdiam di BANGKEP, dan anggota dari Gereja Kristen Luwuk Banggai (GKLB) bagi mereka yang berada di wilayah daratan Sulawesi. Selain dua gereja ini, di daerah itu terdapat juga Gereja Katolik, Gereja Pentakosta, dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.banggai-2.jpg

LAI, dalam kerja sama dengan GKLB, telah menebitkan dalam bahasa Banggai Perjanjian Baru pada tahun 1993 dan Alkitab lengkap (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) pada tahun 2002. Alkitab tersebut digunakan dalam pelayanan gereja-gereja dan dirasakan telah menjadi berkat tersendiri dalam pertumbuhan dan perkembangan iman anak-anak Tuhan yang berbahasa Banggai.

Anak-anak adalah kelompok khusus dalam khasanah pelayanan Gereja di mana pun, tidak terkecuali di Banggai. Mereka mempunyai kebutuhan sendiri yang belum tentu sama dengan kebutuhan orang-orang dewasa, termasuk kebutuhan akan pertumbuhan dan perkembangan dalam mengenal Tuhan dan firman-Nya. Gereja-gereja di Banggai sangat memahami hal itu. Karena itu, mereka meminta LAI untuk memenuhi kebutuhan bagi anak-anak ini dengan menerbitkan Alkitab khusus untuk anak-anak. Sesuai dengan komitmennya, LAI memberikan tanggapan positif atas permintaan itu. Saat ini LAI berencana menerbitkan Kabar Baik Bergambar dalam bahasa Banggai. Agar rencana itu dapat terwujud, kami memerlukan dukungan dari Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang merasa terpanggil untuk ikut membantunya.

Anggaran  untuk Kabar Baik Bergambar dalam bahasa banggai adalah sebagai berikut:
-Penyiapan Naskah                 Rp.  17.108.000,-
-Copy Editing & Typesetting    Rp.    2.560.000,-
-Penerbitan 5000 eks              Rp.165.000.000,-

TOTAL                                    Rp. 184.668.000,-
 
< Prev   Next >
© 2007 Lembaga Alkitab Indonesia 2007