//
NewsDonationShopAbout Our SocietyContact UsLink
Main Menu
Home
Biblika
Library
Email Today
News
FAQs
Shop
Alkitab Web
Guest book
Shop
Bible Testament Bible Portion
Live Support
LAI Info

Product Info

Product Info






Lost Password?
No account yet? Register
Pelatihan PAUD Sekolah Minggu Print E-mail
Thursday, 01 July 2010

Anak-anak sering disebut sebagai harapan bangsa, pada diri mereka masa depan bangsa dan negara dipertaruhkan. Melalui pendidikan dan pembinaan yang baik, diharapkan anak-anak ini memiliki bekal yang baik untuk menjadi tulang punggung negara di masa mendatang.
paud.jpg
Demikian halnya di gereja. Pertumbuhan  gereja dan pewartaan Kabar Baik di masa depan ada di bahu anak-anak sekolah minggu. Kita tentu mengharapkan agar masa depan kehidupan anak-anak kita jauh lebih baik dari apa yang kita peroleh dan alami sekarang ini. Pembinaan anak sekolah minggu yang baik dan berkelanjutan mutlak diperlukan untuk mewujudkan generasi penerus gereja yang berkualitas.

 Untuk mempersiapkan anak-anak Sekolah Minggu kelas kecil (usia dini) agar memiliki dasar pendidikan yang baik, Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktur Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional (Ditjen.PAUD Dirjen PNFI Kemendiknas) menyelenggarakan pelatihan guru-guru sekolah minggu (SM)/ pelayanan anak Kristen (PAK) di Gereja Masehi Injili di Sanghie Talaud Jemaat Zaitun, Kramat Raya nomor 65 Jakarta Pusat.

Ini merupakan kerja sama yang kedua kalinya antara LAI  dengan gereja-gereja di lingkungan Sinode GMIST dalam sosialisasi pengintegrasian PAUD di Sekolah Minggu. Kegiatan yang pertama yaitu di GMIST Mahanaim Tanjung Priok, Jakarta Utara pada tahun 2009 dan tahun 2010 ini diselenggarakan di  GMIST Zaitun.

paud_2.jpgPertemuan pertama dari kegiatan pelatihan ini berlangsung  pada hari Sabtu, 26 Juni  yang lalu di ruang pertemuan LAI, di  Jalan Salemba Raya nomor 49 Jakarta. Kegiatan ini dihadiri 18 orang guru sekolah minggu. Kegiatan berlangsung dengan baik dari pukul sembilan  pagi hingga pukul empat sore. Oleh karena para peserta adalah mahasiswa dan karyawan, maka kegiatan pelatihan dilakukan selama 3 kali hari Sabtu, yaitu Sabtu, 26 Juni 2010, 3 Juli 2010 dan 10 Juli 2010,

Pertemuan pertama ini terdiri dari empat sesi. Tiga sesi materi di antaranya disampaikan oleh Ibu Nurdesi dari Ditjen PAUD Kemendiknas, yaitu:
1.    Mengenal Program PAUD dan Pentingnya pagi anak-anak sekolah minggu;
2.    Memahami Karakteristik dan Perkembangan Anak Usia Dini (Tahap.1)
3.    Memahami Karakteristik dan Perkembangan Anak Usia Dini (lanjutan); dan
4.    Bercerita yang efektif untuk Anak Usia Dini disampaikan oleh Ibu Siska Konda.

Materi ke-4 menggunakan alat bantu materi- materi terbitan LAI yang dikhususkan untuk anak-anak usia dini.  Meski materi pertemuan pertama ini cukup padat dan melelahkan, semua peserta tetap mengikutinya dengan penuh semangat dan ceria, sesuai dengan moto PAUD “Menjadikan Anak-Anak Indonesia Yang Sehat, Cerdas dan Ceria”. Melalui pelatihan ini para peserta makin diperlengkapi dengan berbagai kemampuan untuk mendampingi dan melayani anak-anak usia dini dengan lebih baik.

 
< Prev   Next >
© 2007 Lembaga Alkitab Indonesia 2007