Kelompok Alkitab Saku: Bawalah Alkitab, Bacakanlah, dan Bagikanlah

  • 37
    Shares

title

Jika Anda penggemar coklat tentu pasti mengenal nama Cadbury. Adalah John Cadbury yang pada tahun 1824 mendirikan pabrik coklat Cadbury di kota Birmingham, Inggris. Sampai sekarang sudah jutaan orang di dunia pernah menikmati kelezatan coklat Cadbury. Di balik kemasyuran nama Keluarga Cadbury tersebut tidak membuat anak-anak John Cadbury terlena, bahkan salah satu putrinya yang bernama Helen Cadbury menjadi salah satu pewarta Kabar Baik yang terkenal.

Helen Cadbury tidak seperti kebanyakan para ahli waris yang akan mengabdikan hidupnya untuk melanjutkan dan mengembangkan bisnis keluarganya. Helen Cadbury memilih jalan hidup yang berbeda. Dimulai saat Helen berusia 12 tahun, dia menghadiri Ibadah Minggu bersama ayahnya. Di akhir kebaktian, dia menanggapi panggilan Tuhan dan menyerahkan hidupnya kepada Yesus. Sejak itu Helen mulai membawa Alkitab yang berukuran besar ke sekolah, membacakan bagian-bagian tertentu Alkitab kepada teman-teman perempuannya. Karena tidak praktis, kemudian ayahnya menghadiahkan Alkitab kecil sehingga ia dapat membawanya dengan mudah dan memasukkannya ke dalam saku bajunya.

Helen bersama teman-temannya kemudian memutuskan cara yang unik untuk membawa Alkitab mereka. Mereka menjahit saku ke dalam gaun mereka agar bisa dimasukkan Alkitab Perjanjian Baru. Gadis-gadis itu memanggil kelompok mereka The Pocket Testament League. Tahun 1893 kelompok ini memulai pelayanan. Setiap anggota diberikan kartu memberships, setiap anggota berjanji untuk membaca bagian dari Alkitab setiap hari, berdoa, dan membagikan pengalaman iman mereka kepada setiap orang.

Kelompok The Pocket Testament League ini mulai membagikan Alkitab Perjanjian Baru kepada orang-orang yang berjanji mau membacanya. Selama beberapa dekade, The Pocket Testament League telah mengubah jutaan jiwa. Pada Perang Dunia I, para pendeta militer menggunakan Perjanjian Baru berukuran saku. Selama masa Depresi Besar, Perjanjian Baru muncul di YMCA dan di kamp-kamp pemuda Kristen dengan cover yang berwarna-warni. Kelompok The Pocket Testament League juga mendistribusikan Alkitab dalam setiap penyelenggaraan Olimpiade.

Helen Cadbury sudah lama meninggal dunia. Namun ide dan gagasan yang diberikan Tuhan kepadanya terus menjangkau orang di seluruh dunia. Sejauh ini, The Pocket Testament League telah mendistribusikan lebih dari 110 juta Alkitab Perjanjian Baru. Pesannya hingga kini tetap sama, agar semua orang percaya kepada Yesus Kristus. Karena itu, bawalah senantiasa Alkitab lengkap atau Alkitab Perjanjian Baru; baca dan jadilah saksi tentang kuasa firman Allah.[]

[data diolah dari berbagai sumber]