Pelosok Melawi yang Merindukan Kabar Baik

Pemerataan pembangunan dan keadilan sosial pastilah menjadi harapan seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali masyarakat di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Namun antara harapan dan kenyataan sering tidak sejalan. Infrastruktur yang masih terbatas membuat masyarakat hidup dalam suasana kesederhanaan. Akses jalan yang memprihatinkan, menjadikan hubungan antar desa di Melawi menjadi sulit dan terbatas.

Ada satu desa di Melawi yang begitu sulit dijangkau, bahkan oleh penduduk setempat. Desa tersebut bernama Balai Agas. Dari pusat kota Melawi menuju Balai Agas mesti ditempuh dalam delapan jam. Jika musim hujan, akan sulit untuk sampai ke Balai Agas karena kondisi jalan yang rusak parah. Transportasi ojek menuju tempat ini pun sangat mahal, yaitu sekitar 300 ribu rupiah untuk sekali jalan. Keadaan ini tak jarang menjadikan masyarakat Balai Agas terisolir dari masyarakat Melawi yang lain. Bersyukur pada Tuhan, pada September 2017 lalu, Lembaga Alkitab Indonesia bersama mitra berkesempatan untuk menjangkau umat Tuhan di Desa Balai Agas. Awalnya pendeta yang mendampingi dan memandu rombongan LAI sempat ragu untuk menuju ke sana. Menembus hutan dengan jalan setapak yang berbatu dan berlubang adalah tantangan yang harus dilalui tim LAI. Namun semangat yang besar untuk menyampaikan Kabar Baik mengalahkan semua keraguan dan tantangan. Setibanya di Desa Balai Agas, tim LAI disambut oleh keramahan penduduk setempat. Walau hari sudah malam dan tidak ada penerangan listrik, acara pembagian Alkitab berlangsung dengan penuh sukacita.

Cerita dari Balai Agas, hanya sebagian kisah dari perjalanan Lembaga Alkitab Indonesia dalam menyebarkan Kabar Baik di Melawi dan sekitarnya. Sebanyak 16.870 Alkitab, 5.030 Alkitab Anak, 3.000 Komik Anak, 50 Paket Perpustakaan Sekolah Minggu dan 115 Alkitab Edisi Studi diterima dengan penuh sukacita oleh penduduk Balai Agas maupun desa-desa lainnya. Besar harapan agar umat Tuhan yang telah menerima Alkitab diubahkan hidupnya oleh kebenaran firman Tuhan yang membawa mereka dalam menjalani hidup baru di dalam Kristus.[zvp]