Pencetakan Kedua Perjanjian Baru Bahasa Sougb

Mejireso! Demikian sapaan khas orang-orang Sougb saat menyambut kedatangan tim Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) di tengah-tengah mereka. Pada 1996, Perjanjian Baru (PB) Bahasa Sougb untuk pertama kali terbit. Kini, dua puluh tahun kemudian, LAI kembali hadir di kawasan timur Semenanjung ‘Kepala Burung’ tepatnya di Distrik Sururey dan DIstrik Neney, Papua Barat. Kali ini, tim LAI bekerjasama dengan Sinode Gereja Persekutuan Kristen Alkitab Indonesia (GPKAI), datang untuk menyebarkan 4.000 PB Bahasa Sougb Cetakan Kedua beserta 2.000 Komik Alkitab, 1.000 Alkitab anak dan 50 Alkitab Edisi Studi bagi Hamba Tuhan.

_zvp40171Untuk sampai di sana, tim LAI harus menempuh perjalanan kurang lebih empat jam dari Manokwari melewati medan perjalanan yang cukup sulit. Seperti ketika menuju ke Distrik Sururey di Pegunungan Arfak, mobil yang ditumpangi tim LAI penuh lumpur karena saat itu hujan turun dan jalanan licin berlumpur. Namun semua kesulitan tersebut tidak kami rasakan, karena di sepanjang perjalanan mata kami terus disuguhi pemandangan alam yang cantik. Semua kesulitan perjalanan untuk sejenak kami lupakan. Sambutan umat Tuhan di Sougb sungguh luar biasa menyambut hadirnya kembali PB Sougb. Mereka menggelar penyambutan khusus di dua lokasi, yaitu di Distrik Sururey dan Distrik Neney. Umat Tuhan memenuhi gereja di kedua lokasi penyerahan PB Bahasa Sougb. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak dapat masuk ke dalam Gereja. Kedatangan tim LAI disambut dengan acara adat, tari-tarian dan pujian yang meriah. Kedua acara pembagian PB Bahasa Sougb juga dihadiri oleh Ketua Sinode GPKAI (Bpk Pdt. Daniel Sukan, M.Th), Bupati Kabupaten Arfak, Bpk. Yosias Saroy (pada acara pembagian PB Bahasa Sougb di Distrik Sururey) dan Bupati Manokwari Selatan, Bpk. Markus Waran (pada acara pembagian PB Bahasa Sougb di Distrik Neney); Kepala Suku Besar Pegunungan Arfak, Bpk. Drs. Dominggus Mandacan; Ketua DPRD; Kapolres; Ketua SKPD; Ketua Majelis Daerah; para pemimpin Gereja lintas denominasi; dan Pimpinan Sekolah Tinggi Teologia (STT) Ekrikson Trit.

_zvp40563Momen pembagian PB Bahasa Sougb cetakan kedua tersebut bertepatan dengan peringatan 64 tahun mati syahid kedua penginjil, yaitu Pdt. Walter Jhon Erikson dan Pdt. Edward Raymond Tritt di pedalaman Kebar pada tanggal 28 September 1952. Dengan hadirnya kembali PB Bahasa Sougb ini semoga perjuangan para penginjil serta tim Penerjemah PB Bahasa Sougb tidak sia-sia. Kiranya benih pengorbanan mereka tumbuh subur dan berbuah dalam kehidupan iman umat Tuhan di Sougb. Amin! [zvp]