Tuhan, Banyak Hal Dalam Kehidupan Yang Membuat Marah, Geram, dan Kehilangan Kesabaran. Tolong Kami Membiarkan Emosi Itu Hanya Pada Hal Yang Pantas Mendapatkannya.

  • 6
    Shares
Yohanes 9: 24-28

title

Marah adalah salah satu emosi jiwa manusia yang berasal dari Allah. Kebijaksanaan dalam menggunakannya membuatnya menjadi begitu bernilai.

Berulang kali memberi jawaban yang sama atas pertanyaan yang sama pula, membuat mantan orang buta ini begitu kesal kepada para pemimpin Yahudi. Sehingga jawaban-jawabannya kali ini mendapatkan penegasan khusus dan mungkin sedikit ketus. Kedegilan hati para pemimpin itu mendapatkan respon yang serius dan kegeraman.

Sahabat Alkitab, kemarahan dalam diri kita dapat timbul karena ada sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan, bayangkan, harapkan, atau dapatkan. Ini adalah hal yang wajar karena Allah sendiri menyatakan amarah-Nya ketika manusia tidak hidup seturut dengan kehendak-Nya, hanya Ia tidak berdosa dalam kemarahan-Nya. Kita boleh marah untuk sebagai respon atas pelanggaran terhadap kebenaran dengan tujuan untuk memperbaiki. Namun emosi yang Allah berikan itu harus dipergunakan dengan sangat bijak dan penuh hikmat, agar kita sendiri tidak jatuh dalam dosa karenanya, dan agar kemarahan itu membawa perubahan yang baik atau meluruskan jalan yang bengkok. Kemarahan itu harus murni dalam tujuannya, dilakukan pada tempat dan waktu yang tepat, serta dengan porsi yang tepat pula.

Selamat Pagi, disaat kita memang pantas untuk marah mintalah kepada Allah untuk menjaga hati kita agar tidak berdosa dengan melewati batas yang seharusnya.

Salam Alkitab Untuk Semua