ALKITAB

Lembaga Alkitab Indonesia selalu mendukung kebutuhan rohani anda, termasuk di dalam pembacaan Alkitab digital maupun harian. Mari bersama menumbuhkan iman kita kepada Tuhan.

KETIKA KASIH MULAI MEMUDAR

KETIKA KASIH MULAI MEMUDAR

Wahyu 2:1-29,TB

Ketika kasih kita atau pasangan kita mulai memudar, apa yang harus kita lakukan? Bagaimana kembali kepada kasih yang semula? Rasul Yohanes ketika berada di Pulau Patmos, oleh anugerah Tuhan ia diberi kesempatan untuk menuliskan tentang kritik dan koreksi Tuhan Yesus atas kehidupan gereja atau umat Tuhan yang ada di Asia dan juga bagi kita yang saat ini ada di akhir zaman.

Ada banyak alasan yang membuat kasih seseorang memudar. Bahkan kepada pasangan yang sudah bertahun-tahun idup bersama. Bisa jadi ada kejenuhan dalam membangun hubungan yang sama dari

tahun ke tahun. Tidak ada variasai, bosan dan bertambahnya beban hidup. akhirnya masing-masing mencari kesenangan bagi diri sendiri, bahkan tidak sedikit yang semakin jauh terjerumus.

Demikian juga hubungan kita dengan Allah. Ada banyak alasan yang membuat hubungan umat dengan Allah semakin renggang dan memudar. Allah menyadari hal ini, karena itu Allah ingin kita kembali. Ya,

kembali pada kasih yang mula-mula. Lalu bagaimana cara untuk kembali pada kasih yang mula-mula?

Pertama, dengan mengingat dan menyadari kondisi hidup kita. Menyadari bahwa kita sudah hidup jauh

dari harapan dan keinginan Tuhan. Mengingat dan menyadari kondisi kita, merupakan langkah awal

untuk mengalami pemulihan hubungan dengan Tuhan.

Kedua, menyadari kehidupan kasih yang sudah tidak ada lagi ada dalam hidup kita menjadikan hidup kita kosong dan tidak bergairah. Kasih sudah menjadi dingin. Kasih sudah menjadi tawar. Hidup dalam kasih sudah diganti dengan kehidupan yang individualis dan egois. Maka kita diajak untuk kembali kepada Allah dan menemukan cara yang intim dalam perjumpaan yang penuh kasih mesra dengan Allah.

Kembalilah kepada-Nya.

Ketiga, belajar memulai lagi membangun hubungan yang telah sudah memudar itu dari awal. Tidak ada kata terlambat untuk sebuah pertobatan dan pembaharuan. Hubungan yang sudah retak memang tidak dapat dipulihkan lagi seperti baru, namun setidaknya kita telah menyelamatkan kasih itu dari kehancuran dan kesia-siaan hidup. Kembalilah kepada kasih yang mula-mula.

 

Salam Alkitab Untuk Semua