ALKITAB

Lembaga Alkitab Indonesia selalu mendukung kebutuhan rohani anda, termasuk di dalam pembacaan Alkitab digital maupun harian. Mari bersama menumbuhkan iman kita kepada Tuhan.

Tuhan Kita, Dialah Yang Berperang Bagi Kita, Bagian Kita Adalah Taat Perintah-Nya.

Tuhan Kita, Dialah Yang Berperang Bagi Kita, Bagian Kita Adalah Taat Perintah-Nya.

Yosua 11:1-23,TB

Pasal ini memuat kisah mengenai perebutan bagian utara tanah Kanaan. Penaklukan Kanaan menjadi serangakaian peperangan yang lamanya lebih-kurang lima tahun. Hal ini dapat diperhitungkan dari usia Kaleb hingga ia memperoleh Hebron (Yosua 14:6; Ulangan 2:14).

Allah memutuskan untuk memusnahkan orang-orang Kanaan, sebab kejahatan yang mereka lakukan sudah keterlaluan dan tak terperikan lagi.

Beberapa narasi menggunakan serangkaian peperangan dan kemenangan yang didapat Israel, yang pada kemudian hari dipercaya sebagai pembagia wilayah utara dan selatan; suku-suku Israel yang menetap di bagian utara dan yang menempuh sejarah lain yang ditempuh oleh Suku Efraim dan Manasye.

Allah adalah pribadi yang tegas dan adil kepada siapapun. Ia tidak pernah mengizinkan pelanggaran terjadi di hadapan-Nya, meskipun itu kecil atau sedikit. Ia berlaku sama kepada semua umat-Nya.

Ia menghukum kepada mereka yang berlakon zalim dan mengabaikan perintah-Nya dan Ia memberikan damai kepada mereka yang taat pada firman-Nya, sekalipun itu terlihat berkelok dan terjal.

Orang-orang Kanaan adalah contoh hasil murka Allah. Mereka selalu melakukan pelanggaran di mata Allah, sedangkan Israel adalah contoh penyertaan dan perlindungan Allah.

Israel memang acap tidak menaati perintah-Nya. Namun demikian mereka bertobat dan kembali hidup di dalam koridornya Allah. Oleh sebab itu Allah berbelas kasih dan membela mereka hingga mereka mampu memenangkan semua perang.

Setiap pilihan dan keputusan kembali kepada kita. Allah selalu memberikan kebebasan kepada kita. Ibarat ikan, ia bebas melakukan apapun selama itu berada di dalam air, tetapi mati bila keluar dari air. Pun demikian dengan kita, umat Allah, kita bisa melakukan apapun selama itu sesuai dengan firman-Nya.

Kita tak perlu lagi mencari Allah, sebab Ia telah datang kepada kita. Kita tak perlu lagi bersusah payah untuk membela-Nya, sebab kita tak mampu dan Ia yang membela kita. Mari kita meminta kepada-Nya hati yang seperti murid, yang selalu ingin belajar dan diajar firman Allah serta melakukannya.

Salam Alkitab Untuk Semua