-->

Menapaki Jalan Perubahan

Menapaki Jalan Perubahan
Sumber gambar: Unsplash
Penjelasan gambar: Ini adalah salah satu bagian dari rangkaian jalan peziarahan ‘Camino de Santiago’ yang berlokasi dari perbatasan Perancis Selatan hingga ke ujung Spanyol. Banyak peziarah dari seluruh dunia melakukan perjalanan mereka, biasanya berjalan kaki dan bersepeda, selama sekitar 45-60 hari sebagai bentuk pengenalan diri dan pemaknaan akan perjalanan hidup mereka, entah yang sudah mereka lalui maupun yang akan datang.


Sapaan Awal

‘Menapaki Jalan Perubahan’ merupakan tema yang dipersiapkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia untuk mendampingi seluruh umat Tuhan dalam menyusuri setiap momen pada masa prapaskah tahun 2024. Melalui penghayatan berdasarkan nilai dari masa prapaskah itu sendiri ditambah dengan teguran keras pada kitab Yesaya 58:1-12, sebagai salah satu bacaan pembuka pada perayaan Rabu Abu, kita pun diajak untuk menyadari tentang perlunya perubahan hidup sebagai umat-Nya. Pada masa prapaskah ini, kita akan terus memaknai nilai-nilai pertobatan sebagai persiapan bagi kita untuk nantinya merayakan pembebasan yang diberikan oleh Yesus Kristus.

Masa prapaskah secara liturgis memang berkisar pada angka 40 hari, namun nilai perubahan pada kenyataannya mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Tentu saja, perjalanan perubahan ini tidaklah singkat. Perjalanan ini pun tidak serba mudah untuk diwujudkan. Terdapat banyak tantangan yang akan kita hadapi, entah yang berasal dari dalam maupun luar diri sendiri, yang dapat menggagalkan perjalanan menuju perubahan yang sesungguhnya. Meski demikian, perjalanan ini penting untuk kita wujudkan sebagai bagian dari petualangan iman. Oleh sebab itu, apakah mau anda menapaki jalan perubahan ini?

“Beritahukanlah kepada umat-Ku pelanggaran mereka dan kepada kaum keturunan Yakub dosa mereka! Hari demi hari mereka mencari Aku dan suka mengenal segala jalan-Ku.”



Rabu Abu 2024 Minggu Prapaskah 1 2024 Minggu Prapaskah 2 2024
Rabu Abu Minggu Prapaskah 1 Minggu Prapaskah 2