1.000 Paket Bacaan untuk Sekolah-sekolah Kristen di Pelosok Nusantara

1.000 Paket Bacaan untuk Sekolah-sekolah Kristen di Pelosok Nusantara

 

 

Suatu hari di tahun 2018 ketika kami mengunjungi pelosok Boven Digoel di Papua, kami menyempatkan diri berkunjung ke sebuah Sekolah Dasar. Pimpinan rombongan kami mengajak para siswa bertanya jawab soal Alkitab.”Di manakah Tuhan Yesus lahir? Siapa yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah komik Alkitab,”tanyanya. Seorang anak dengan penuh keyakinan dan antusias menjawab dengan keras,”Di Bandung!”

Mungkin banyak dari kita akan kaget dan tertawa seperti halnya kami pada waktu itu. Namun kalau kita pikirkan lebih dalam maka kita akan sama-sama prihatin. Anak tersebut tidak sepenuhnya salah, karena guru di sekolah tersebut jarang datang. Sementara ia sendiri jarang membaca buku-buku cerita Alkitab, karena sulitnya memperoleh bacaan di tempat tersebut. 

Bagi anak-anak yang tinggal di perkotaan buku-buku bacaan mudah diperoleh. Baik buku-buku pelajaran maupun buku cerita dan pengetahuan. Di pelosok-pelosok Nusantara situasinya jauh berbeda. Minimnya buku-buku panduan dalam mengajar Agama Kristen, bacaan rohani anak dan cerita-cerita Alkitab menyebabkan pembinaan rohani untuk anak-anak di pelosok sedikit terhambat. Kesulitan bukan hanya dialami oleh gereja, namun juga sekolah-sekolah Kristen. Mereka ingin memberikan yang terbaik bagi pendidikan siswanya, namun seringkali terkendala persoalan dana dan infrastruktur pendidikan. 

Sekitar 390 tahun yang lalu, seorang peranakan Portugis yang bernama Meester Cornelis Senen, merintis berdirinya sekolah pribumi yang pertama di Batavia. Ia ingin penduduk pribumi memiliki kualitas pendidikan dan kerohanian yang setara dengan orang-orang keturunan Eropa. Ia mengawali pelayanannya dalam suasana penuh keprihatinan dan tekanan dari pemerintah kolonial yang tidak pernah berharap orang-orang tanah jajahan menjadi pintar dan saleh. 

Mulai tahun 2024, setiap tanggal 17 Januari, Sekolah-sekolah Kristen di Indonesia merayakan Hari Sekolah Kristen Indonesia untuk mensyukuri rintisan Meester Cornelis Senen dan diinspirasi semangat yang sama untuk menjadikan anak-anak Tuhan di seluruh Indonesia menjadi insan-insan yang bukan hanya tinggi ilmu, namun juga tinggi iman. 

Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) mengajak umat Kristiani untuk bersatu hati mendukung program Paket Bacaan Rohani bagi Sekolah-sekolah Kristen yang ada di pelosok-pelosok Nusantara. Harapannya, pengajaran kerohanian di pelosok akan lebih berkualitas dan iman anak-anak semakin diteguhkan melalui kehadiran bacaan-bacaan rohani tersebut. 

Dukungan untuk satu paket Perpustakaan senilai Rp. 1.500.000,-, dengan total kebutuhan dana Rp. 1.500.000.000,-. Dukungan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dapat disalurkan melalui rekening Lembaga Alkitab Indonesia di bawah ini :

  • BANK MANDIRI CABANG GAMBIR A.N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA No. Rek. 119.008.0000126
  • BANK BCA CABANG MATRAMAN A.N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA No. Rek. 3423016261
  • BANK BRI CABANG KRAMAT RAYA A. N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA No. Rek. 033501000281304
  • BANK BNI CABANG KRAMAT RAYA A. N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA No. Rek. 0010534054

Bapak/Ibu/Saudara/Saudari juga dapat mendukung pelayanan SDK LAI melalui: QRIS, Gopay, Dana, Ovo Info lebih lanjut hubungi WA LAI: 0811-1925-400  (Anggun)/ 0812-8003-8534 (WA Chatbot). 

Tuhan Yesus memberkati kita semua.